Laman

Sabtu, 06 Februari 2010

Suppositoria

Supositoria adalah sediaan padat, melunak, melumer dan larut pada suhu tubuh, digunakan dengan cara menyisipkan ke dalam rektum , berbentuk sesuai dengan maksud penggunaannya, umumnya berbentuk torpedo.

Efek kerja Suppositoria ini ada 2, yaitu efek lokal dan sistemik. Efek lokalnya ialah pelindung jaringan setempat dan efek sistemiknya ialah diserap keseluruh bagian tubuh melalui pembuluh darah.
alasan untuk memilih suppositoria bila :
1. obat ybs. tidak dapat diberikan secara oral
2. obat ybs. memberikan bau dan rasa yang tidak sedap
3. Si penderita sudah dalam keadaan yang sangat lemah
4. Diperlukan efek kontak yang lama dalam tubuh
keuntungan memilih sediaan ini ialah : dapat menghindari terjadinya iritasi pada lambung, dapat menghindari kerusakan obat oleh enzym pencernaan dan asam lambung, obat dapat langsung masuk dalam darah sehingga dapat memberikan efek lebih cepat, baik untuk pasien yang mudah muntash dan tidak sadar.
macam macam suppositoria :
a. supp. rektal --> suppo yang digunakan lewat anus (rektal), berbentuk spt . peluru dan mempunyai berat kurang lebih 2 g (FI ed IV).
b. Vaginal supp (ovula) --> supp. yang digunakan lewat vagina.
c.supp. urethral --> supp yang digunakan lewat uretra, bentuknya batang dengan panjang antara 7 - 14 cm.
dibuat dengan cara mencampurkan bahan obat atau campuran obat dengan bahan dasar (PEG, ol.cacao, minyak nabati) lalu dilumerkan hingga homogen dan tuangkan dalam cetakan yang telah diolesi oleh zat pelicin dan didiamkan hingga dingin. atau dapat juga dikempa dengan menggunakan cetakan secara kempa dingin atau dengan mesin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar